SEJARAH PMII PURWOKERTO


PMII Purwokerto lahir 29 Desember 1963, bertepatan dengan Kongres PMII ke-2 di Kaliurang Jogjakarta. Tapi masih perlu digali lebih dalam. Karena informasi yang telah di gali hingga ke beberapa orang terkait seperti mantum, alumni, bahkan hingga ke PB masih belum banyak ditemukan referensi yang pasti mengenai sejarah kelahiran PMII Purwokerto. PC PMII Purwokerto yang menaungi 3 komisariat yang masih eksis hingga sekarang memang perlu dikaji lebih dalam sejarahnya. Hal tersebut berkaitan dengan salah satu materi wajib yang ada di PMII yakni tentang Sejarah PMII Lokal.

“Jas merah” jangan sekali kali mellupakan sejarah, begitu kata mantan presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno. Artinya, bangsa yang kuat adalah bangsa yang “mengerti” akan sejarah. Memahami sejarah sebagai referensi dimasa mendatang, menjaga sejarah.

Mungkin salah satu penyebab “keterpurukan” Indonesia adalah karena bangsanya tidak lagi mempelajari sejarah dengan baik dan benar. Sehingga semakin jauh dari nilai-nilai perjuangan yang telah diperjuangkan para pejuang Indonesia. Bahwa “merah” darahku, dan “putih” tulangku sudah hampir tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Itu hanya sebagai slogan belaka yang tiada bermaksud. Sungguh ironis…

Nah dalam rangka hal itu, PC PMII Purwokerto bermaksud mengumpulkan semua artikel yang berkaitan dengan cerita sejarah PMII di Purwokerto baik dilingkup rayon, komisariat, dan cabang. Artikel tersebut mencantumkan:

  • Proses kelahiran
  • Deklarasi berdiri
  • Tokoh pendiri
  • Struktur kepengurusan periodik
  • LPJ atau laporan kegiatan secara umum
  • Kondisi sekitar
  • Peranan lingkungan (pemerintah, alumni, organ lain, masyarakat, dll)
  • Pola kaderisasi
  • Lampiran-lampiran terkait

Jika PMII Purwokerto sekarang berumur 49 tahun, mengapa PC PMII Purwokerto sekarang di periode kepengurusan yang ke 30? PK PMII Walisongo periode ke 31, PK PMII Soedirman periode ke 22, PK PMII Dukuhwaluh periode ke 11, kemudian masing-masing rayonnya berbeda pula? Diakui ataupun tidak, PMII Purwokerto masih lemah dalam hal dokumentasi dan administrasi. Jika memang salah satu kepengurusan berhasil dalam menata administrasi tersebut dengan rapi, namun kemudian di periode selanjutnya lemah sehingga arsip dan kelengkapan serta dokumen-dokumen organisasi seringkali “tercecer” dan bahkan tidak kembali seperti semula. hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, diantaranya:

  1. Belum adanya sekre permanen PMII Purwokerto
  2. Kinerja kepengurusan yang kurang cermat dalam hal dokumentasi pengarsipan
  3. Pola hubungan pasca kepengurusan yang kurang matang
  4. Kontrol keanggotaan yang kurang maksimal
  5. Peran serta alumni dalam men-suport kepengurusan
  6. Kesadaran bersama dan kebersamaan (akan dijelaskan lebih lanjut)

Oleh karena itu, PC PMII Purwokerto mengajak pada seluruh kepengurusan di tiap tingkatan, anggota, alumni, dan simpatisan PMII untuk kembali mendokumentasikan kegiatan-kegiatan PMII di Purwokerto dan insya Allah nantinya akan kita buku-kan sebagai referensi yang baku mengenai Sejarah PMII Lokal – Sejarah PMII Purwokerto.

Tulisan tersebut dikirimkan ke Sekretariat PC PMII Purwokerto d/a JL. Suparto No.3 RT 1/4 Kutasari, Baturraden. Tulisan diserahkan pada Biro Penelitian dan Pengembangan (Agus Riyanto; 085727255873) atau Sekertaris Umum Cabang (Mukhammad Aqil Muzakki). Atau dapat dikirim via email ke:

pc.pmiipurwokerto@gmail.com (dalam bentuk lampiran, lengkap dengan identitas penulis)

Tulisan yang telah kami teliti atau verifikasi nantinya akan kami tayangkan di bloh ini, dan akan kami buku-kan apabila telah memenuhi beberapa ketentuan. Dan hal tersebut akan kami lomba-kan dalam rangkaian kegiatan Lomba Cipta Puisi, Cerpen, dan Directory PMII mendatang (info berlanjut).

Salam Pergerakan,….!

About PERCA ONLINE

an organization studies to make a change with movement together in purwokerto

Posted on Oktober 21, 2012, in BERITA and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: