Ngintip; KABUPATEN BANYUMAS

Ngintip; KABUPATEN BANYUMAS

LETAK GEOGRAFIS

Wilayah Kabupaten Banyumas terletak di sebelah Barat Daya Propinsi Jawa Tenga (Pulau Jawa-Indonesia). Terletak di antara garis Bujur Timur 108 ” 39` 17“ sampai 109″ 27` 15“ & di antara garis Lintang Selatan 7″ 15` 05“ sampai 7″ 37` 10“ yang berarti berada di belahan selatan garis khatulistiwa. Batas-batas Kabupaten Banyumas adalah:

  1. Sebelah Utara: Gunung Slamet, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.
  2. Sebelah Selatan:  Kabupaten Cilacap
  3. Sebelah Barat: Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes
  4. Sebelah Timur: Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara

Luas wilayah Kabupaten Banyumas sekitar 1.327,60 km2 atau setara dengan 132.759,56 ha, dengan keadaan wilayah antara daratan & pegunungan dengan struktur pegunungan terdiri dari sebagian lembah Sungai Serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pemukiman & pekarangan, dan sebagian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis terletak dilereng Gunung Slamet sebelah selatan. Bumi & kekayaan Kabupaten Banyumas masih tergolong potensial karena terdapat pegunungan Slamet dengan ketinggian puncak dari permukaan air laut sekitar 3.400 m & masih aktif. Keadaan cuaca & iklim di Kabupaten Banyumas karena tergolong di belahan selatan khatulistiwa masih memiliki iklim tropis basah. Demikian Juga karena terletak di antara lereng pegunungan jauh dari permukaan pantai/lautan maka pengaruh angin laut tidak begitu tampak, namun dengan adanya dataran rendah yang seimbang dengan pantai selatan angin hampir nampak bersimpangan antara pegunungan dengan lembah dengan tekanan rata-rata antara 1.001 mbs, dengan suhu udara berkisar antara 21,4 derajat C – 30,9 derajat C.

POTENSI KABUPATEN BANYUMAS

Arah kebijakan pembangunan di bidang ekonomi, salah satunya adalah dalam hal penanaman modal, dimana diharapkan nantinya akan dapat meningkatan investasi, terciptanya investasi yang berwawasan lingkungan dan berkelajutan serta terwujudnya Kab. Banyumas sebagai daerah tujuan investasi.

PERTANIAN

Komoditi unggulan di Bidang pertanian di wilayah Kab. Banyumas sangat menjanjikan , karena di dukung luas lahan dan kondisi alam yang ada serta berbagai jenis komoditi yang bervariasi.Secara umum, investasi di bidang pertaniaan yang di harapkan adalah – Alih tekhnologi – Bantuan modal kredit lunak – Kerjasama pemasaran.

PETERNAKAN

Berdasarkan ketersediaan lahan dan tujuan pakan ternak yang tersedia, Kab. Banyumas mempunyai pakan yang cukup besar untuk pengibangan usaha pengimbangan sapi potong dan sapi perah.

PERIKANAN

Di bidang perikanan, Kab. Banyumas mengharapkan investasi sistem bagi hasil untuk budi daya ikan gurame. Sampai saat ini wilayah pemasaran baru mampu menjangkau Jawa Timur (Tulung agung – Blitar) dan Jawa Barat (Tasikmalaya).

KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN

Adanya faktor alam dan iklim yang ada di Kab. Banyumas mendukung berkembangnya industri olahan hasil hutan yang mempunyai peluang investasi.

BAHAN GALIAN / PERTAMBANGAN

Kondisi alam yang ada menunjukan bahwa Kab. Banyumas merupakan daerah yang sangat potensial untuk pengembangan usaha penambangan bahan galian. Berdasarkan investarisasi, pemetaan dan kompilasi data yang ada, maka Kab. Banyumas memeiliki 15 jenis bahan galian yang berpotensi sebagai peluang investasi. Dengan kapasitas produksi /cadangan yang ada, dan fasilitas pendukung lainnya, maka potensi bahan galian di Kab. Banyumas mempunyai peluang investasi yang cukup menjanjikan.

PARIWISATA KABUPATEN BANYUMAS

Kabupaten Banyumas juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata dengan fokus kunjungan wisatawan ke Baturaden.Jumlah obyek wisata di Banyumas cukup banyak dan beragam, dan pada umumnya mudah di jangkau karena di dukung sarana dan prasarana yang memadai, sampai saat ini, masih ada beberapa obyek wisata yang belum tergarap secara optimal dan membutuhkan investasi untuk pengembangannya.

Baturaden

Lokawisata Baturaden terbentang di sebelah selatan di kaki Gunung Slamet pada ketinggian sekitar 640 m diatas permukaan laut. Baturaden terletak hanya 14 km dari Kota Purwokerto yang dihubungkan dengan jalan yang memadai. Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati pemandangan indah & udara pegunungan yang segar dengan suhu 18’° Celcius – 25° Celcius. Sedangkan, Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 m, merupakan gunung berapi terbesar dan gunung tertinggi ke-2 di Jawa. Jika cuacanya bagus, Kota Purwokerto dapat terlihat dari Baturaden, begitu juga dengan Cilacap dan Nusa Kambangan Ketika kita melihat gunung Slamet, kita dapat melihat lereng gunung Slamet yang ditutupi oleh hutan Heterogen.

Taman Rekreasi Nirwala Manggala

Sebuah taman rekreasi dengan fasilitas wisata alam untuk mendukung obyek wisata curug cipendok. Luas lahan yang disediakan sekitar 5 ha dan bentuk investasi yang diharapkan berupa kerjasama bagi hasil.

Bendung Gerak Serayu

Dengan luas lahan + 5 hektar dan ber jarak hanya + 15 km dari pusat kota, sangat memungkinkan bagi pengembangan usaha taman rekreasi wisata air.

Pemandian Kali Bacin

Terletak di Desa Tambak Negara kecamatan Rawalo 17 km dari Purwokerto. Objek wisata ini merupakan peninggalan sejarah jaman Belanda terbukti dengan prasastinya. Dikenal dengan nama Wisata Husada, karena wisatawan disamping dapat menikmati keindahan alamnya sekaligus dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.

Museum BRI

Museum Uang BRI adalah satu-satunya museum perbankan di Indonesia yang berada di Purwokerto. Bank Rakyat Indonesia untuk pertama kali didirikan oleh : Raden Aria Wirjaatmadja tahun 1895 dengan Nama : De Purwokertche Hulp en Spaarbank der Inlandche Bestuurs Ambtenaren dan terletak di Purwokerto-Banyumas.

Wana Wisata

Terletak 2 km dari lokawisata Baturaden. Di tempat ini dapat dinikmati keindahan alam hutan dilengkapi dengan tempat perkemahan yang dapat menampung 1000 tenda. Ditempat ini juga terdapat cagar alam dan pembibitan tanaman produksi seperti cemara, pinus, dan sebagainya.

Wisata Batur Agung

Terletak di kecamatan Kedungbanteng, tepatnya desa Baseh. Wisata ritus batu tua, outbond yang menantang, arung jeram, mini offroad, dan beberapa lagi lainnya yang menjadikan pengunjung ketagihan.

Masjid Saka Tunggal

Masjid ini didirikan pada tahun 1288 M oleh Kyai Mustolih. Letaknya di desa Cikakak kecamatan Wangon sekitar 15 menit perjalanan dari terminal Wangon ke utara. Merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang disangga hanya dengan satu tiang penyangga (saka). Keunikan inilah yang menjadikan masjid saka tunggal sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Kab. Banyuas.

Pancuran 3 (Telu) 

Air panas yang mengandung belerang sangat diminati wisatawan, selain kehangatan juga khasiatnya untuk mengatasi berbagai penyakit kulit dan tulang.

Pancuran 7 (Pitu)

Terletak 2,5 km dari Lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyuguhkan keindahan alam dan hutan yang didukung dengan adanya Pancuran 7 sebagai tempat wisata husada.

Goa Sarabadak

Beranjak dari pancuran 7 menelusuri jalan setapak wisatawan dapat menikmati kesegaran air hangat dan dingin di Goa Sarabadak, dengan bebatuan warna keemasan yang menajubkan.

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi terletak +/- 3 km di sebelah Timur Lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi ini menyajikan telaga yang indah dan berair dingin, dan pada musim-musim tertentu dapat dijumpai aneka warna kupu-kupu dan capung yang beterbangan di sekitar telaga.

Curug Cipendok

Terletak di desa Karang Tengah kecamatan Cilingok, kurang lebih 25 km dari kota Purwokerto. Obyek wisata alam ini berupa air terjun dengan ketinggian 92 m yang dikelilingi pemandangan alam dan hutan yang indah.

Curug Ceheng

Terletak di kecamatan Sumbang 8 km dari kota Purwokerto. Obyek wisata ini menampilkan keindahan air terjun yang diselingi dengan maraknya satwa lawa yang beterbangan.

Curug Gomblang

Terletak di desa Baseh kecamatan Kedungbanteng sekitar 15 km dari kota Purwokerto. Nuansa keindahan alam yang eksotis di sebelah barat bukit Cendana.

Curug Gede

Terletak di desa Ketenger kecamatan Baturraden atau sekitar 2 km dari wisata Baturraden. Tempat bersantai dan menikmati kebersamaan dengan orang-orang dekat anda.

Sumur Banyumas

Merupakan sumur yang menjadi asal penamaan nama kabupaten ini. Letaknya di komplek Pendopo Kabupaten lama kecamatan Banyumas kabupaten Banyumas.

Makanan Kecil

Keripik tempe; Lokasi: Desa Rawalo, Desa Tamansari, Desa Karanggude; Bahan dasar : tempe.

Nopia; Lokasi: Kec. Banyumas; Bahan dasar: terigu dan gula merah.

Getuk Goreng; Lokasi: Kec. Sokaraja; Bahan dasar : Ketela pohon dan gula merah.

Ceriping Pisang dan Ubi; Lokasi: Kec. Kedungbanteng, Kec. Karanglewas; Bahan dasar : pisang dan ubi kayu.

Kerajinan

Kerajinan Bambu; Lokasi: Kec. Ajibarang, Kec. Baturaden, Kec. Kedungbanteng dan Kec. Purwojati.

Pemintalan dan pertenunan Sutera Alam; Lokasi: Kec. Kemranjen, Kec. Kalibagor, Kec. Sumbang, Kec. Sokaraja, Kec. Pekuncen, Kec. Baturaden.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: