Waspadai Paham Neo Komunisme di Masyarakat


SEMINAR KEBANGSAANPurwokerto – Pengurus Cabang PMII Purwokerto mengadakan Seminar Nasional Kebangsaan dengan tema “Waspadai Paham Neo Komunisme di Masyarakat” di gedung Student Center IAIN Purwokerto, Jum’at (27/2) muali pukul 08.00 sampai 10.30 WIB. Seminar ini mengundang pembicara Budayawan Asal Banyumas Ahmad Tohari, Akademisi IAIN Purwokerto Dr. H. Ridwan, M.Ag., dan Ketua FKDM Heru Permana, SH., M.H.
Ketua PC PMII Purwokerto, Sahabat Anwar Aziz menyampaikan bahwa seminar ini diadakan salah satunya supaya mahasiswa lebih dekat dengan PMII khususnya mahasiswa IAIN Purwokerto dan mendapatkan manfaat ilmu dan wawasan dari materi seminar.
Kemudian ketua panitia pelaksana seminar ini, Sahabati Amalia Soliha mengemukakan bahwa tujuan diadakannya seminar ini untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan bahayanya paham komunisme bagi Bangsa dan Negara dan Mengantisipasi lahirnya kembali gerakan separatis komunis yang pernah berkembang di Indonesia.
Paham Neo Komunisme sebagaiaman disampaikan oleh Ahmad Tohari merupakan tantangan bagi kaum muda, terutama mahasiswa. Mahasiswa hendaknya mengetahui sejarah dan budaya sendiri serta bahaya paham komunisme sehingga cerdas dalam menyikapi pengaruh luar yang dapat merobohkan moral dan pertahanan masyarakat.
Adapun Sahabat Ridwan yang merupakan akademisi IAIN Purwokerto, memberikan kembali arti Neo Komunisme secara rinci kepada peserta seminar. Hal ini sebagaimana disampaikan Ridwan, adalah supaya mahasiswa paham betul bentuk dari paham Neo Komunisme sehingga dapat mengetahui keberadaannya dan melawan paham tersebut.
Heru kemudian memaparkan, “Gerakan Neo-Kom berbeda, kalau pada 1965 secara fisik, sekarang orang-orangnya sudah tua-tua, tinggal beberapa yang masih, dan yang masih ini mencoba melakukan penetrasi ideologi pada generasi selanjutnya. Tetapi generasi selanjutnya ini sudah masuk reformasi, sementara Neo-Kom yang di internasional sudah direformasi juga, maka yang terjadi tidak lagi ideologis yang begitu ketat tetapi rasa balas dendam terhadap Orde Baru.Oleh karena itu, seminar ini begitu penting bagi kita semua untuk mewaspadai berkembangnya paham neo komunisme di masyarakat.”

About PERCA ONLINE

an organization studies to make a change with movement together in purwokerto

Posted on Maret 2, 2015, in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: