LAPORAN OKAPABA POLITEKNIK 2012


LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

OKAPABA POLITEKNIK MAARIF PURWOKERTO

2012

 A.  PENDAHULUAN

Puji syukur kami panjatkann kepada Allah yang Maha Kuasa atas karunia nikmat-Nya kepada kita sehingga kita dapat melakukan kegiatan dan melaporkan kegiatan yang sudah dianggendakan dengan lancar.

Sholawat dan salam kami haturkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW, sang  pembawa perubahan bagi seluruh umatnya, dan semoga kita diakui sebagai umat serta mendapatkan Syafaatnya didunia dan akhirat.

Ospek (orientasi pengenalan kampus) sebagai sarana adaptasi mahasiswa baru sangat penting dilakukan oleh pihak kampus atau pihak yang ditunjuk kampus.Hal ini dilakukan agar mempermudah mahasiswa untuk dapat mengetahui posisinya sebagai mahasiswa atas peralihan siswa. Sehingga proses pembelajaran dikampus akan lebih mudah.

OKAPABA (Orientasi Pengenalan Kampus dan Penerimaan Anggota Baru) ini merupakan kegiatan perdana yang diadakan POLITEKNIK bekerjasama dengan PC PMII Purwokerto. Harapan ke depan, bahwa mahasiswa Politeknik adalah anggota PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) yang membentuk unit atau kesatuan ditingkatan komisariat dan rayon. Bagian dari organisasi Mahasiswa Islam terbesar di Indonesia yang lahir dari darah NU.

Politeknik menunjuk PC PMII sebagai relasi organisasi mahasiswa untuk menyeleng garakan kegiatan perdana ini dengan tujuan membuka pola pikir mahasiswa dalam beradaptasi dengan lingkungan baru nya.Bersamaan dengan hal tersebut, PMII yang juga merupakan organisasi pengkaderan mahasiswa menambah jumlah keanggotaan dalam rangka penyelenggaraan Kaderisasi Formal.

Berdasarkan dua hal tersebut maka PC PMII berinovasi dengan pimpinan Politeknik untuk melaksanakan OSPEK dan MAPABA yang kemudian disebut OKAPABA.Untuk selanjutnya OKAPABA ini diselenggrakan oleh mahasiswa Politeknik atau pihak yang ditunjuk Politeknik.

Kami atas nama panitia OKAPABA melaporkan kegiatan ini sebagai wujud tanggung jawab kami menjalankan amanah kepanitiaan kepada para pimpinan yang terkait dan mahasiswa pada umumnya.

Semoga laporan kegiatan ini dapat menjadi pelajaran khusus untuk kami dan menjadi bahan partimbangan dalam menjalankan kegiatan yang akan datang serta menjadi bahan evaluasi kegiatan berikutnya.

Kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para pihak yang telah membantu kami demi terselenggaranya kegiatan ini. Dan kami atas nama panitia mohon maaf yang apabila dalam mengadakan kegiatan ini masih terdapat banyak kekurangan, sehingga semua masukan dan kritikan konstruktif akan kami terima sebagai bahan evaluasi kami dalam penyelenggaraan yang akan datang. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Untuk mempermudah dalam menyemak laporan ini, maka kami susun laporan ini dengan sistematika sebagai berikut:

  1. PENDAHULUAN
  2. LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
  3. LAPORAN KEUANGAN
  4. HAMBATAN DAN SOLUSI
  5. PENUTUP
  6. LAMPIRAN

 

B.  LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN

  • Waktu dan tempat.

OKAPABA semula direncanakan pada :

Hari, Tanggal      : Sabtu-Senin, 15-17 September 2012

Tempat                  : Gedung NU Banyumas

Waktu                    : pukul 06.00 WIB (pembukaan)

Namun dikarenakan ada beberapa hal teknis yang menjadi kendala kegiatan ini maka kegiatan ini dilaksanakan pada:

Pembukaan

Hari, Tanggal      : Sabtu, 15 September 2012

Tempat                  : Halaman Gedung NU Banyumas

Waktu                    : pukul 06.15 – 10.30 WIB

Materi-materi

Hari, Tanggal      : Sabtu-Senin, 15-17 September 2012

Tempat                  : Gedung Politeknik Ma’arif Purwokerto

Waktu                    : Sabtu, pukul 08.00 WIB – Senin, pukul 01.15 WIB

Tafakur Lail dan Pembaiatan Anggota Baru PMII

Hari, Tanggal      : Senin, 17 September 2012

Tempat                  : Halaman samping Gedung Politeknik

Waktu                    : pukul 03.00 – 04.55 WIB

RTL (Rencana Tindak Lanjut)

Hari, Tanggal      : Senin, 17 September 2012

Tempat                  : Aula Gedung NU Banyumas

Waktu                    : pukul 05.15 – 06.00 WIB

Nama OKAPABA       : Korp AL-TOHIRIN

Kordinator                  : sahabat Muhammad Idham Kholid

Anggota Muktakid   : 22 orang

Penutupan

Hari, Tanggal      : Senin, 17 September 2012

Tempat                  : Aula Gedung NU Banyumas

Waktu                    : pukul 06.00 – 06.45 WIB

Perubahan tersebut dikarenakan kurangnya persiapan teknis. Sehingga panitia harus mengatur ulang waktu dan tempat pelaksanaan. Akibatnya beberapa waktu acara mundur.

Sedangkan molornya waktu acara dikarenakan kurangnya petugas upacara pembukaan, kesiapan dan penyesuaian waktu pemateri, acara yang berlarut, dan perubahan penutupan kegiatan.

OKAPABA dibuka oleh Direktur Politeknik Ma’arif Purwokerto, sahabat Hj. Ahmad Tohirin, S. Ag., M.Pd setelah memberikan sambutannya dalam upacara pembukaan. Sebelum itu, laporan panitia disampaikan oleh sahabat Rachmat Kurniawan. Upacara yang dipimpin oleh sahabat Tezar Tri Setiyono itu selesai pukul 07.15 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan bina suasana oleh fasilitator.

Pembaiatan anggota baru PMII dilaksanakan di halaman samping gedung Politeknik sekitar pukul 04.00 senin pagi oleh Vandi Romadhon Ketua Umum PC PMII Purwokerto. Upacara pembaiatan itu dilaksanakan setelah tafakur lail; stressing-doktrinasi-brainwashing  di ruangan dan pos-pos di halaman sekitar.

RTL membahas tentang konsep keberlanjutan kegiatan mulai dari penamaan korps, pemilihan kordinator, dan rencana follow up.

Penutupan dilaksanakan setelah panjangnya proses RTL, sehingga sedikit molor yakni pukul 06.00 WIB. Sambutan Ketua Umum PC PMII membuka prosesi penutupan disertai serah terima mahasiswa baru peserta OKAPABA kepada pihak kampus. Penyematan almamater oleh sahabat Ach. Fariz Aziz, M.Pd.I selaku PD III Politeknik seusai sambutan. Selanjutnya adalah penganugerahan peserta terbaik (sahabat Aris Munandar) dan kelompok terbaik (Abdurrahman Wahid), kemudian doa sekaligus penutup oleh PD III.

Secara umum proses kegiatan berjalan sesuai yang kita targetkan, baik dari konsep acara, isi acara, dan efek acara. Namun tetap masih ada beberapa kendala yang menyebabkan kerja ekstra penyelenggara.

  • Pemateri

Sesuai dengan agenda yang kita siapkan bahwa pemateri pada acara OKAPABA adalah sebagaimana terlampir dalam proposal kegiatan, akan tetapi beberapa berhalangan hadir ataupun terlambat. Sehingga waktu materi ada yang ditukar diundur, atau diganti pematerinya. Beberapa di-handle oleh fasilitator. Begitu pula moderator acara, beberapa berhalangan hadir sehingga panitia merangkap sebagai moderator. Beruntung, fasilitator (sahabat Maful dan Ilham) mampu menyesuaikan forum dan ”menyegarkan” peserta sehingga acara masih dapat dikendalikan untuk diarahkan sesuai tujuan.

  • Peserta

Peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa baru Politeknik Ma’arif Purwokerto 2012/ 2013 sejumlah 30 orang. Namun pada kenyataannya, beberapa tidak dapat hadir atau tidak dapat mengikuti kegiatan sampai selesai dikarenakan sakit/ izin. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 23 orang; 3 izin pulang (Siska Rusmaeni, Ari Purwanti, Kusaimi), 20 bertahan sampai selesai yakni 19 dibaiat sebagai anggota PMII, 1 mengundurkan diri saat pembaiatan (Mukhrojin), dan 1 pingsan saat pembaiatan (Supriyatno). Data sebagaimana terlampir.

  • Hasil OKAPABA

Berdasarkan tujuan dan target yang kami rencanakan ada beberapa hasil yang kami peroleh dari kegiatan ini diantaranya:

  1. Mahasiswa mengetahui arah, tujuan serta orientasi kampus melingkupi Almamater, Akademik, Kemahasiswaan, dan lain-lain yang berhubungan dengan aktifitas Civitas Akademika dan PMII.
  2. Menambah wawasan dan pengetahuan serta jaringan pada mahasiswa baru tentang materi-materi dan pengetahuan lainnya.
  3. Menambah keanggotaan PMII Purwokerto sejumlah 19 orang.
  4. Tersusunnya rekomendasi sebagai stimulus pengembangan organisasi, sebagai mana terlampir.

Selain itu, secara umum dari rangkaian kegiatan ini menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya:

  1. Embrio SEMA (Senat Mahasiswa), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa – Olah Raga), dan Komisariat PMII.
  2. Follow Up kegiatan oleh PC PMII secara berkala.
  3. Korps Al-Tohirin sebagai sarana diskusi, forum rembug, dan pengembangan basic mahasiswa dalam akademik dan organisasi.

C.  LAPORAN KEUANGAN

Dapat dilihat di print out

D.  HAMBATAN DAN SOLUSI

Tidak ada suatu kegiatan yang terlepas dari hambatan, seberapapun profesionalnya organisasi penyelenggara kegiatan tersebut. Beberapa hambatan yang kami alami diantaranya:

  • Persiapan yang sangat mepet selama satu minggu sebelum acara.
  • Keuangan yang tidak sesuai rencana anggaran.
  • Kepanitian yang tidak bisa hadir semuanya dikarenakan ada kepentingan lain dari masing-masing mereka, sehingga duajob dari panitia menguras energi.
  • Tidak on time nya panitia, peserta, dan pemateri yang berakibat pada sedikit molornya acara ini.

Namun dari hambatan tersebut tidak menjadi pematah semangat kinerja panitia dalam melaksanakan kegiatan, sehingga muncullah beberapa solusi dalam rangka penyelesaian masalah tersebut. Solusi yang kami lakukan diantaranya:

  • Lembur persiapan acara dengan memanfaatkan waktu dan tenaga yang ada.
  • Merubah hambatan menjadi tantangan sebagai motifasi kinerja.
  • Kontrol keuangan yang efektif dan efisien guna mendukung suksesi acara.
  • Rangkap kerja dari panitia dalam rangka menggantikan tugas panitia yang berhalangan hadir.
  • Panitia menghubungi kembali pemateri dan panitia lainnya yang belum dapat hadir tepat waktu dan perubahan manual acara penyesuaian.
  • Mencari alternatif pemateri yang berhalangan hadir disertai penyesuaian manual acara.

E.   PENUTUP

Demikian LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN Orientasi Pengenalan Kampus dan Penerimaan Anggota Baru (OKAPABA) Politeknik Ma’arif Purwokerto 2012 kami susun sebagai bentuk tanggung jawab kami secara tertulis kepada Politeknik Ma’arif Purwokerto dan pembaca pada umumnya. Terimakasih kami sampaikan atas dukungan dan bantuan segenap pihak yang menjadi kunci sukses dan kelancaran kegiatan ini.Semoga investasi yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.Amin.

Wallahul muwaffieq ilaa aqwamith tharieq

Purwokerto, 20 september 2012

Panitia Pelaksana,

RACHMAT KURNIAWAN

Ketua

MUHAMMAD MUSTOFA

Sekretaris

F.   LAMPIRAN

Berikut ini kami sajikan lampiran kegiatan OKAPABA dengan sistematika:

ü  Proposal kegiatan

ü  Surat dan lampiran surat

ü  Laporan keuangan

ü  Nota kegiatan

ü  Daftar hadir

ü  Curriculum vitae

ü  Format baliho dan spanduk

ü  Format id card panitia

ü  Format sertifikat

ü  Format piagam penghargaan

ü  Ketentuan-ketentuan peserta

ü  Modul OKAPABA

ü  Susunan upacara

ü  Draft pancasila

ü  Draft UUD 45

ü  Draft sumpah mahasiswa

ü  Draft ikrar peserta OKAPABA

ü  Draft doa

ü  Draft pembaiatan

ü  Daftar keanggotaan PMII Politeknik 2012

ü  Hasil-hasil rapat

ü  Profil PC PMII Purwokerto

ü  Rekomendasi

 

LEMBAR PENGESAHAN

Wallahul Muwaffieq Ilaa Aqwamith Tharieq

Disahkan di : …………………..

Pada hari, tanggal : ……….…, … September 2012

PANITIA PELAKSANA

ORIENTASI PENGENALAN KAMPUS

DAN PENERIMAAN ANGGOTA BARU (OKAPABA)

POLITEKNIK MA’ARIF PURWOKERTO

Rachmat Kurniawan

Ketua

Muhammad Mustofa

Sekretaris

Mengetahui,
PENGURUS CABANG

PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA

PURWOKERTO

Vandi Romadhon

Ketua Umum

Mengesahkan,
PIMPINAN POLITEKNIK MA’ARIF

PURWOKERTO

Ahmad Tohirin, S.Ag., M.Pd

Direktur

Lampiran B

JADWAL KEGIATAN

Materi

Waktu

Tempat

Petugas

Sabtu, 15 Septembar 2012

Upacara Pembukaan

06.00 – 07.00

Gedung NU

Banyumas

Sie. Tibman & Acara

Bina Suasana

07.00 – 08.00

Fasilitator

Pengenalan Kampus

08.00 – 10.30

Direktur Politeknik

Kiat Sukses Belajar

& Berorganisasi

10.30 – 11.30

Sumirati, M.Ag

Mahasiswa dan Tanggungjawab Sosial

11.30 – 12.30

Muhsin Al-Amin, S.Pd.I

Ishoma

12.30 – 13.30

All

Islam Indonesia; Aswaja Manhaj Fikr

13.30 – 15.00

Amin Kusyaeri, S.Pd.I

Isho

15.00 – 15.30

All

Kewirausahaan

15.30 – 17.00

Drs. Saechan, M.Sc

Out Bond

17.00 – 18.00

Fasilitator

Ishoma

18.00 – 20.00

All

Organisasi Mahasiswa

20.00 – 21.30

PC PMII

FGD

21.30 – 22.30

Fasilitator

Rehat

22.30 – 04.30

All

Ahad, 16 September 2012

Isho

04.30 – 06.00

Gedung NU

Banyumas

All

Outbond

06.00 – 07.00

Fasilitator

Breakfast -MCK

07.00 – 08.00

All

Sejarah PMII Lokal

& Keorganisasian

08.00 – 09.30

Agus Maryono, S.Pd.I

Pengenalan Cabang, Komisariat dan Rayon

09.30 – 11.00

PC PMII

Antropology Kampus

11.00 – 12.00

Fasilitator

Ishoma

12.00 – 13.00

All

FGD

13.00 – 14.30

Fasilitator

Sejarah Indonesia

14.30 – 15.30

Ahmad Rofik, S.Sos

NDP

15.30 – 16.30

PC PMII

Iso

16.30 – 17.00

All

Out bond

17.00 – 18.00

Fasilitator

Ishoma

18.00 – 20.00

All

Pentas Seni

20.00 – 21.30

Sie.Acara

Pengkondisian

21.30 – 22.00

Fasilitator

ESQ

22.00 – 24.00

Sony Susandra, M.Ag.

Senin, 17 September 2012

Rehat

00.00 – 02.00

Gedung NU

Banyumas

All

Tafakur Lail dan Pembaiatan

02.00 – 04.00

Fasilitator

RTL

04.00 – 05.00

Fasilitator

Penutupan

05.00 – 05.30

Sie. Acara

Keterangan:

Waktu dan tempat dapat berubah sesuai kesepakatan panitia.

Lampiran C

LAPORAN KEUANGAN

(dapat dilihat di print out)

 

 DAFTAR HADIR

PANITIA OKAPABA POLITEKNIK MA’ARIF PURWOKERTO

2012*

NO

NAMA

JABATAN

NO HP

KET

Steering Committee

1

Mukhammad Aqil Muzakki Kordinator

085227659689

PC

2

Maful Fasilitator

081903477197

PC

3

Ilhamudin Fasilitator

085747935848

PC

Organizing Committee

1

Rachmat Kurniawan Ketua 085227908811

PK Walisongo

2

Muhammad Mustofa Sekertaris 085741423871

PK Walisongo

3

Helmi Muhammad Bendahara 085385455222

PC

4

Solecha Nurohmayanti Kesekretariatan 08562606033

PK Walisongo

5

Nindiya Dwi Hapsari Kesekretariatan 085799953929

Politeknik

6

Salman Al Farisi Kesekretariatan 085724479837

PK Walisongo

7

Anti Mufrikhah Acara 085842284241

PC

8

M. Nurul Anwar Acara 085727255414

PK Walisongo

9

Nur Laelasari Acara 085865355050

BSI

10

Achmad Muchfudin Perkapdek

Politeknik

11

Eko Waluyo Perkapdek

Politeknik

12

Rifatuts Tsaniyah Humaspubdok 085729206180

PK Walisongo

13

Haris Subekti Humaspubdok

Politeknik

14

Arif Wibowo Humaspubdok 085225266991

St. Nafisah

15

Fena Rointan Humaspubdok 087837233015

PC

16

Ani Rofiqotun Konsumsi, P2 087737388384

PC

17

Rochmatul Fitroh Konsumsi, P2 087737260042

PC

18

Nafi Fairuz Konsumsi, P2

Politeknik

19

Feri Priatmoko Tibman 085729115405

PK Dk.Waluh

20

M. Faruq Pagar Alam Tibman 081903146063

PK Walisongo

21

Tezar Tri Setiyono Tibman 085641886803

Rayda

Pendamping

1

Gilang Permana Hasyim Asy’ari

Rasya

2

Andri Wahid Hasyim

Ratar

3

Arda Dwi R Idham Chalid

Rayda

4

Amel Lia Abd. Wahid

Rayda

*Panitia tersebut di atas setelah direfisi

Format baliho dan spanduk

BALIHO 3 X 1,5 M


SPANDUK 4 X 1 M

Format piagam penghargaan

Format penilaian

Nilai

Total

Sie. Tibman

Kedisiplinan

Kerapihan

Ketaatan

Pendamping

Atribut

Presensi

Tugas

Sie. Acara

Keaktifan

Orsenik

SC

Intelektual

Nama

No

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

Lampiran Surat Keputusan PC PMII Purwokerto Nomor :31.PC-XXX.V-01.01-11.A-I.09.2012

ANGGOTA MUKTAKID

PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA

No

Nama

Kampus

Fakultas

Program Studi

Smt

1

Muhammad Idham Kholid

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

2

Junindo

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

3

Wahyu Purnomo

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

4

Aris Munandar

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

5

Setiaji

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

6

Khafid Mubarok

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

7

Nur Aziz

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

8

Sigit Sugiarto

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

9

Amin Ma’mur

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

10

Hendri Kustrigangsar

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

11

Ferdyan Yudha P

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

12

Masruri

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

13

Nunik Mukti Rahayu

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

14

Puji Astuti

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

15

Chasanah Dwi Tanti Karini

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

16

Mukhammad Ulinnuha

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

17

Siyamah

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

18

Nur Yasir Roziq

POLITEKNIK

Teknik

T. Mesin

1

Wallahul Muwaffieq Ilaa Aqwamith Tharieq

Ditetapkan di : Purwokerto

Tanggal           : 17 September 2012

PENGURUS CABANG

PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA

PURWOKERTO

VANDI ROMADHON

Ketua Umum

MUKHAMMAD AQIL MUZAKKI

Sekertaris Umum

 Catatan:

Bagi sahabat-sahabati yang kemarin izin/ tidak mengikuti pembaiatan tetapi telah mengikuti rangkaian kegiatan OKAPABA dipersilakan mengikuti pembaiatan di acara MAPABA komisariat lain atau OKAPABA 2 apabila berkeinginan menjadi bagian dari keanggotaan PMII. Atau hubungi Ketua Kaderisasi PC PMII Purwokerto sahabat Maful di 081903477197.

No

Nama

Kampus

Fakultas

Program Studi

Smt

1

Supriyatno

POLITEKNIK

Teknik

T. Mesin

1

2

Siska Rusmaeni

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

3

Ari Purwanti

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

4

Kusaimi

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

5

Mukhrojin

POLITEKNIK

Teknik

T. Komputer

1

Galeri OKAPABA 2012

REKOMENDASI

 INETELEKTUAL

þ  Wacana di atas rata-rata perlu diarahkan untuk sering diskusi

þ  Kekritisan masih ada keraguan pada awalnya namun kemudian mulai terasah

þ  Wawasan pengetahuan perlu sering di sharingkan sehingga dapat merata

KEAKTIFAN

þ  Sangat berpotensi dan perlu pengarahan lebih lanjut

þ  Pertahankan keberanian untuk selangkah lebih maju

þ  Mampu mengangkat Politeknik

 

PENUGASAN

þ  Mayoritas diselesaikan dengan baik, amanah

þ  Perlu adanya reward and punishment guna memicu penyelesaian tugas

 

KETAATAN

þ  Patuh terhadap pimpinan sebagai modal kekompakan timwork

þ  Perlu jobdisk kinerja secara tertulis agar lebih matang

þ  Kesadaran akan aturan perlu disikapi secara positif oleh semua pihak

 

KEDISIPLINAN

þ  Mampu membagi waktu dengan cermat dan cerdas, jangan disia-kan

þ  Beberapa perlu dipertegas; sindiran – ajakan – teguran – tindakan – sangsi

þ  Aturan tertulis

 

KEAKRABAN

þ  Semoga keakraban pada OKAPABA tidak terhenti, jika mulai ada tanda-tanda terhenti maka ingatkanlah bahwa kita satu keluarga yang saling melengkapi

 

KEISLAMAN

þ  Beberapa masih perlu wawasan, dan penyadaran nilai keislaman

þ  Sebagaian besar berjiwa islami, semoga saling menjaga

 

KEORGANISASIAN

þ  1 bulan pasca OKAPABA dibentuk komisariat PMII

þ  2 bulan pasca OKAPABA dibentuk SEMA

þ  3 bulan pasca OKAPABA dibentuk BEM

þ  4 bulan pasca OKAPABA dibentuk UKM

 

BAKAT MINAT

þ  Butuh diadakannya organisasi yang mampu menampung bakat dan minat mahasiswa agar mampu mengukir prestasi untuk meningkatkan mutu kampus

þ  Unit Kegiatan Mahasiswa yang diminati (berdasarkan survey peserta) yakni di bidang olah raga, musik, pramuka, sains, teater, koperasi

 

MANAJERIAL

þ  Berpotensi untuk mengelola organisasi mahasiswa, intensifkan komunikasi

 

ADAPTASI

þ  Perlu sering berkunjung ke kampus guna menambah rasa memiliki kampus

þ  Ke kampus bukan hanya hanya kuliah, tapi buatlah kegiatan bukan menunggu kegiatan

 

~selamat berproses~

About PERCA ONLINE

an organization studies to make a change with movement together in purwokerto

Posted on Oktober 7, 2012, in AGENDA and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: