Pendidikan Berkarakter; Moral


Oleh: Maful*

Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia unuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Kita perlu mengkaji mengenai permasalahan pokok pendidikan, dan saling keterkaitan antara pokok tersebut, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangannya dan masalah-masalah aktual beserta cara penanggulangannya.

Apa jadinya sahabat…..bila pembangunan di Indonesia tidak dibarengi dengan pembangunan dibidang karakter?. Walaupun pembangunan fisiknya baik, banyak gedung megah, fasilitas modern dan canggih, tetapi apa gunanya bila moral bangsa (kita semua) terpuruk ruk ruk…???. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa dibayangkan…bidang ekonomi akan bermasalah, bidang pendidikan bermasalah, bidang pembangunan bermasalah, dan muncul banyak masalah diberbagai bidang. Sehingga lambat laun akan datang hari dimana negara dan bangsa ini hancur. Oleh karena itu, untuk pencegahannya, pendidikan harus dijadikan salah satu prioritas dalam pembangunan negeri ini.

Pendidikan karakter adalah aset pembangunan yang paling berharga dalam rangka menopang pembangunan negara ini. hal tersebut tidak dapat terlepas dari pola pendidikan secera general maupun agamis. Pengawasannya-pun perlu dilakukan seluas mungkin, sehingga akan menciptakan suasana “takut” ketika melakukan perilaku yang bersifat “abmoral”.

Sistem pendidikan yang tegas untuk membina anak didik bangsa, ketenaga kerjaan (guru) yang kompeten, dan fasilitas pendukung yang memadahi akan mampu memberikan rasa nyaman pada peserta didik. Sehingga dari suasana tersebut akan mampu mempercepat akselerasi penerimaan keilmuan. Serta dukungan dari orang tua dan pihak-pihak terdekatnya.

*Mahasiswa Tarbiyah PAI-NR STAIN Purwokerto

Posted on Agustus 2, 2012, in BERITA and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: