MAPABA RAYA PMII SE PURWOKERTO


Prosesi Pembaiatan

Proses Pembaiatan Anggota Baru PMII Purwokerto

Spekulasi 2/7, PC PMII Purwokerto melakukan spekulasi yang luar biasa dengan menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) Raya PMII Se-Purwokerto pada tanggal 30 Juni – 1 Juli 2012 di Bumper “Palawi” Baturraden dalam waktu 1 minggu.`Peserta dari berbagai kampus/ PT (Perguruan Tinggi) yang ada di Purwokerto. Berikut daftar Perguruan Tinggi yang ikut berpartisipasi dalam MAPABA RAYA PC PMII Purwokerto:

  1. STAIN Purwokerto : 14 Sahabat/i
  2. AMIKOM : –
  3. BSI Purwokerto : 10 Sahabat/i
  4. UNSOED : 1 Sahabat
  5. UMP : 5 Sahabat

Jumlah peserta MAPABA Raya ini sebanyak 30 Sahabat/i. Acara yang bertema “Sekali Bendera Dikibarkan; Hentikan Ratapan dan Tangisan, Tangan Terkepal Dan Maju Ke Muka” itu dibuka pada hari sabtu 30/6 pukul 14.00 WIB di Balai Kelurahan Purwosari-Purwokerto Utara oleh Ketua Umum PC PMII Putwokerto.

Pada saat pembukaan MAPABA Raya ini, hadir pula peserta dari AMIKOM Purwokerto. Namun mereka meminta izin untuk penundaan proses mengikuti kegiatan satu minggu ke belakang dikarenakan adanya agenda intra yang bersamaan, sehingga seluruh pesertanya tidak dapat mengikuti acara sampai selesai.

Tindakan tersebut mendapat respon positif dari PC PMII dikarenakan keterbatasan waktu dan tujuan pengembangan pengkaderannya di kampus AMIKOM tersebut. “Mundur satu langkah untuk melompat lebih jauh ke depan” itulah perumpamaan yang tepat rupanya.

Kemudian pada hari minggu 1/7 peserta diberangkatkan ke bumi perkemahan PALAWI Baturraden sebagai tempat pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Kegiatan MAPABA ini berbeda dengan MAPABA pada biasanya, ada perbedaan pola pelaksanaan dari kegiatan yang biasanya terfokus pada indoor area berganti menjadi outdoor area. Atau dilakukan di alam bebas di tengah sejuknya nuansa dataran tinggi Baturraden.

Selain itu, konsep materi yang disampaikan dalam model moving class juga menjadi salah satu inovasi baru yang diterapkan pada MAPABA ini. Peserta mencari class untuk setiap materi yang disampaikan, dengan jarak dan rute yang berbeda. Hal tersebut pernah dilakukan oleh PK PMII Walisongo pada MAPABA Singasari 2009 yang lalu. Bedanya moving class dikemas pada indoor area, sedangkan MAPABA Raya ini dikemas dengan model outdoor area.

Adapaun materi-materi yang disampaikan pada kegiatan MAPABA Raya ini diantaranya yaitu:

þ  Materi Wajib   : Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial, Keorganisasian PMII, Nilai Dasar Pergerakan (NDP), Islam Indonesia (Aswaja), Sejarah Bangsa Indonesia, dan Study Gender

þ  Materi Lokal   : Antropologi Kampus, Sejarah PMII Lokal

Setelah selesai materi, peserta diarahkan ke FGD (Focus Group Discussion) dan General Review untuk mengkaji lebih lanjut materi yang telah disampaikan. Peserta mempresentasikan materi yang telah disampaikan dan dilanjutkan dengan diskusi terstruktur yang dipandu oleh fasilitator.

Prosesi pembaiatan menjadi acara puncak dalam MAPABA Raya ini, dan peserta dibai’at oleh Ketua Umum PC PMII Purwokerto. Prosesi ini berjalan dengan khidmat dalam pernyataan sumpah terhadap organisasi. Perwakilan peserta yang ditunjuk oleh panitia adalah Panji Mulkillah Ahmad dan Nur Laelasari dalam penyematan lencana PMII sebagai tanda bergabungnya sahabat/i baru dalam keluarga besar PMII Purwokerto.

Acara selanjutnya adalah ramah-tamah dan pengenalan kepengurusan PMII di Purwokerto mulai dari rayon, komisariat, dan cabang.

Dan dipenghujung acara, dibentuklah korp untuk angkatan MAPABA Raya ini. Nama yang diambil untuk korp MAPABA ini adalah SABUU (STAIN, AMIKOM, BSI, UNSOED, UMP) yang dengan kordinator pusatnya adalah sahabat Lutfi Muamar (STAIN). Sedangkan kordinator kampusnya adalah Rika Rama Sari (STAIN); Nur Laelasari (BSI), Panji Mulkillah Ahmad (UNSOED); dan Ari Budi Prihandoko (UMP).

Follow up MAPABA Raya ini akan dilaksanakan di masing-masing komisariat, dan untuk follow up perdana dilaksakan di secretariat PC PMII Purwokerto di Jl. Suparto No.3 RT 1/4 Kutasari – Baturraden pukul 14.00 WIB.

Terimakasih kami sampaikan pada sahabat-sahabati yang turut berpartisipasi mensukseskan agenda cabang ini. Semoga amal ibadah kalian semua tercatat dan terhitung sebagai amal kebaikan disisi Allah dan mendapatkan balasan yang setimpal serta memberikan kemanfataan di dunia ini. Amin. [az]

About PERCA ONLINE

an organization studies to make a change with movement together in purwokerto

Posted on Juli 2, 2012, in AGENDA, BERITA and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Ketua Rayon SYariah 2012-2013

    HORAS SYARIAH…..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: